2/07/2008

Sedikit Riwayat Hidup




Saya dilahirkan di kampong Cipeundeuy, Ciheulang Girang, Desa Caringin Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi pada 29 September 1957, sebagai anak kedua. Menjelang umur saya dua tahun, kampung kami dibumihanguskan oleh gerombolan yang mengaku DI/TII. Rumah dan sawah yang tengah menguning pun dibakar. Kolam-kolam ikan pun dijebol, harta benda dirampas, Dan ibu kami termasuk salah seorang yang disiksa sehingga matanya mengalami kebutaan selama beberapa bulan. Alhamdulillah kakak dan saya terselamatkan dari amuk api dan pembantaian. Ketika itu, ayah kami tengah bertugas di Manonjaya, Tasikmalaya.

Ayah saya Haji Roekmandis, yang lahir pada 1928. Beliau sebagai anggota TNI-AD bertugas sebagai Pekasmil Kudam di Korem 061/Suryakancana, pernah dimutasi ke Armed V/Pancagiri, lalu kembali ke Korem 061/Suryakancana dan pensiun dengan pangkat Peltu. Sementara, Ibunda, Hajjah Nunung Djubaidah binti H Abdullah, lahir 1933. Ibulah guru mengaji saya orang yang pertama kali memperkenalkan saya membaca AlQuran.

Ayah ibu juga berdagang dan bertani di sawah dan ladang yang cukup luas, serta memelihara ayam dan kambing. Ayah juga membuka usaha galian C.

Selepas pembakaran di Kampung, tak lama kemudian, karena tugas kedinasan, ayah, ibu, kakak dan saya berpindah ke Bogor. Beberapa lama kami menetap di Hotel Bogor, di Tanjakan Empang, Bogor. Kemudian berpindah dan menyewa rumah di Gang Karet, Kampung Pabaton, Jalan Jakarta, Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Kota Kaler (di kemudian hari rumah tersebut dibeli, bahkan hingga hari ini menjadi milik orangtua kami dengan alamat baru, Gang Karet I RT 01 RW 01 No. 19 Jl Jenderal A Yani, Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tanah Sereal, Bogor 16161).

Kami bertujuh bersaudara: Hj Yetty Suchaeti, Soenmandjaja, Titin Sutini, Imas Sumasdeni, Tjitjih Sunensih, Nana Suryana, Encep Sunjaya Sobar, S.sos. Hanya kakak dan saya yang dilahirkan di Sukabumi, sedangkan semua adik-adik di Bogor. Masa-masa bermain saya banyak berenang di Kali Ciliwung, dan Lapangan Pacuan Kuda Tanah Sereal.

Pada 1961-1962 saya bersekolah di TK Nugraha, Korem 061/SK, yang sampai hari ini masih berlokasi di dekat Air Mancur, Jl Pemuda (dulu Jl Pejagalan, Pilar, Cipancer), Bogor. Kepseknya Ibu Ishak Djuarsa dan Ibu Guru Djuju Djuwariah.

Walau pun jarak dari rumah ke TK tdak terlalu jauh, saya selalu diantar dan dijemput ayah. Jika ayah sedang ada tugas, ibulah yang menggantikannya. Beberapa nama teman-teman antara lain: Wowo, Tata, Dadang, Agus, Mansyur,.

Pada 1964-1969 saya bersekolah di SD Negeri 6 Bubulak II di Jl Bubulak. Jika ke sekolah saya memotong jalan melalui karoseri PT Tirtayasa, Pool Damri, Jl Pejagalan, kebun karet/sirih di samping pabrik ban Good Year (perkampungan tersebut kemudian bernama Haur Jaya). Guru-guru antara lain Bpk Sukanta, Ibu Rukoyah, ibu Rohani, Ibu Kartini, Ibu kartini, ibu O Aliana, Ibu Yayat Chardi, Bpk Hasanuddin, Bpk Hasanuddin, Bpk Sura, Bpk Mansyur, Ibu Tjijih, Suwendaningsih. Beberapa teman antara lain, Atu, Maman, Emis, Mulyadi, Enong Anwar Sutaryo, Endun Sudin, Iyeng, Hamid, Endang, Fatmah, Syarifah, Oka, Nana, Udin, Syamsudin, Hamdi, Jono, Sigit, Sudarmo, Engkus Kusnadi, Maman Suratman, Kartini, Hasanah, Ugan Suganda, Juju Jubaedah, Sri, Engkos Kosasih , Tohefni. Bersama Enong Anwar Sutaryo, Tohefni dan saya tim catur sekolah.

Pada 1970-1972 saya diterima di Sekolah Menengah Ekonomi Pertama (SMEP) Negeri Bogor, Jl Heulang. Dari SD Bubulak II hanya saya sendiri yang melanjutkan ke SMEPN. Pada umumnya, teman-teman ke SMP. Saya masih mengingat Ibu/Bpk Guru dan teman-teman di SMEPN. Kakak, saya dan dua orang adik kami adalah alumni SMEPN.

Pada 1973-1975 melanjutkan pendidikan di SMEA Negeri Bogor jurusan Tata Buku. Saya masih ingat dengan baik ibu/bapak guru dan teman-teman di SMEA.

Selepas itu, saya melanjutkan pendidikan di Universitas Ibn Khaldun Bogor (UIKA), Fak. Hukumpada 1981. Karena terbentur sesuatu hal, maka saya tak menyelesaikan kuliah di UIKA namun masuk ke Universitas Terbuka, Fak. Ilmu Sosial & Ilmu Politik Jurusan Administrasi Negara, Angkatan pada 1985.

Sambil kuliah, saya juga mengajar di beberapa sekolah dan almamater seperti pada 1979-1982 menjadi Guru dan Pelatih Bela Diri Madrasah Aliyah PP Darul Fallah. Ciampea, Bogor, 1980-1982 menjadi Guru Madrasah Aliyah PP Darut Taqwa, Cibanteng, Bogor. Sementara, sejak 1978-1996 menjadi Asisten & Dosen Tidak Tetap UIKA. Selain itu, aktivitas dakwah saya mulai pada tahun 1978 hingga sekarang.

Tidak ada komentar: